Selasa, 21 Oktober 2014

tugas sejarah

                1..       Mengapa para ahli melakukan penelitian manusia purba banyak di bantaran sungai?
        2.       Jelaskan ciri dan mengapa hasil penelitian dubois ditrinil disebut sebagaijenis pithecanthropus erectus(                kera yang berjalan tegak)
        3.       Menurut pendapat kamu, bagaimana manusia purba bisa menyebar kedalam wilayah kepulauan indonesia            bahkan sampai keluar wilayah kepulauan indonesia?
        4.       Coba buatlah karya ilmiah (2-3 halaman ) dengan tajuk,sangiran laboratorium manusia purba.
JAWABAN
1.       karena waktu zaman prasejarah dahulu, manusia purba banyak hidup bergantung dengan alam, hidup tidak menetap, dimana ada makanan disanalah dia berada (food gathering), karena sungai menyimpan banyak cadangan makanan, seperti ikan, dll, di bantaran sungai juga termasuk tanah-tanah yang subur, berbagai tumbuhan hidup disana, air untuk minumpun mudah didapatkan. maka dari itu banyak manusia zaman purba yang hidup, dan meninggalkan fosil
2.       Eugene Dubois meneliti manusia jenis Pithecanthropus pada tahun 1890 di Trinil, pinggiran Bengawan Solo. Di wilayah Ngawi. Setelah direkontruksi terbentuk kerangka manusia namun masih terlihat tanda2 kera. Oleh karna itu, dinamakan Pipithecanthropus erectus yang artinya kera berjalan tegak.
ciri2 pithecanthropus erectus :
1. Hidung dan mulut menonjol
2. Muka lebar
3. Tulang rahang kuat
4. Gigi kuat dan besar
5. Jalan tegak
6. Kening menonjol
3.       manusia purba bisa menyebar ke dalam wilayah kepulauan indonesia bahkan sampai keluar wilyah indonesia karena untuk mencari buruan dan mencari makanan. selain itu selain di dorong oleh keinginan utk mencari makanan, perpindahan itu juga dimaksud kan utk menghindari fenomena alam yg belum stabil pada saat itua dimaksud kan utk menghindari fenomena alam yg belum stabil pada saat itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar